TIK : Rumus Cepat Membuat Daftar Pustaka



Hallo,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Selamat datang di blog Ansalsabila, salam kenal😊

Ini adalah content pertama yang akan Saya posting sebagai salah satu tugas mata kuliah, yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Saya akan berbagi rumus cepat cara membuat daftar pustaka, sebagaimana yang kita ketahui daftar pustaka merupakan bagian terpenting, selain bab pembahasan atau penelitian dalam sebuah makalah. Daftar pustaka menjadi salah satu aspek valid atau tidaknya sebuah karya ilmiah, kita tidak bisa sembarangan mencantumkan sumber ke dalam daftar pustaka, karena bisa saja hal tersebut akan menimbulkan kesalah pahaman, atau prasangka yang menunjukkan kita telah menjiplak karya ilmiah orang lain karena tidak jelas mencantumkan sumber dalam daftar pustaka.

Oleh karena itu mari Bersama belajar membuat daftar pustaka yang baik dan benar serta cepat.

1. Langkah pertama yang kita lakukan tentunya adalah membuat makalah, mulai dari kata pengantar sampai BAB III Penutup, kemudian membuat daftar pustaka. Dengan adanya cara cepat membuat daftar pustaka dengan rumus tentunya sangat memudahkan pekerjaan tanpa memerlukan waktu yang sangat banyak. Setelah selasai membuat makalah sampai BAB III Penutup selanjutnya adalah ke menu References kemudian klik Insert Citation akan muncul dua pilihan (Add New Source… dan Add New Placeholder), klik pilihan yang pertama. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :


2. Setelah itu isi setiap kolom yang ada sesuai dengan sumber makalah.Pertama isi Type of Source berdasarkan sumber yang diambil, jika sumber berdasarkan buku maka dipilih Book
  • Selanjutnya isi kolom Author dengan penulis buku, nama ditulis normal tidak perlu dibalik. Contoh : Bukhari Umar, M.Ag.
  • Kolom Corporate Author tidak perlu dichecklist, karena akan berpengaruh pada penulisan nama di kolom Author.
  • Kemudian isi kolom Title dengan judul buku.
  • Year untuk tahun terbit buku. 
  • City untuk kota dimanbuku tersebut diterbitkan. 
  • Publisher untuk Lembaga yang mempublish buku tersebut. 
  • Terakhir Klik OK. 

3. jika semua semua kolom sudah terisi, klik Bibliography, didalamnya terdapat beberapa pilihan atau jenis untuk tampilan daftar pustaka, pilih tampilan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Maka daftar Pustaka  Sudah selesai dibuat, dan hasilnya akan seperti ini :


Itulah cara cepat membuat daftar pustaka, sangat mudah bukan ? Selamat belajat mencoba, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan selanjutnya💗

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Aku Menjadi Seorang Mahasiswi Eksekutif

TIK : Rumus Cepat Membuat Daftar Isi